Update Info Lowongan Kerja Terbaru CPNS Kementerian, Provinsi, Kabupaten dan Kota, Bank, BUMN, Perusahaan Swasta, Industri Otomotif, Proyek Konstruksi, Migas, Pertambangan Terbaru 2016 di Seluruh Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Bogor, Tangerang, Bekasi, Semarang, Palembang, Padang, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda, Karawang, Bontang, Kaltim, Jatim, Jawa Barat, Kalimantan dan Luar Negeri

Kisi-kisi Materi Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

Advertisement

Kisi-Kisi Soal Tes Kompetensi Dasar CPNS - Jika kamu adalah salah seorang yang bercita-cita untuk menjadi seorang abdi negara maka pasti harus melalui tes calon pegawai negeri sipil yang mana salah satu tahapan tesnya adalah dengan TKD alias tes kompetensi dasar.

Tes dengan materi yang masih dasar ini biasanya akan diterapkan pada tes awal, ketika peserta masih banyak. Dan anda wajib lulus pada jenis tes seperti ini kalau mau lolos ke tahap berikutnya. Karena soalnya yang gampang-gampang susah maka banyak orang terkadang menyepelekan.

Tes Kompetensi Dasar terbagi dalam tiga kategori utama, soal-soalnya dikelompokkan berdasarkan materi dari kategori utama tersebut, yaitu :

A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:


  1. Pancasila

  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar)
A. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai :
     
  1. Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis,
      
  2. Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
       
  3. Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis,
       
  4. Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah untuk menilai:
      
  1. Integritas diri,
      
  2. Semangat berprestasi,
       
  3. Kreativitas dan inovasi,
       
  4. Orientasi pada pelayanan,
       
  5. Orientasi kepada orang lain,
       
  6. Kemampuan beradaptasi,
       
  7. Kemampuan mengendalikan diri,
       
  8. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas,
       
  9. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan,
     
  10. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
     
  11. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
 Cukup mudah bagi yang sudah kenyang pengalaman ikut tes CPNS, tapi bagi yang baru mau ikutan rasanya akan sangat sulit dan bisa membuat jantung berdebar. Apalagi kalau tesnya dilaksanakan dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang mana setiap peserta akan mengerjakan soal melalui aplikasi di komputer dengan waktu yang terbatas.

Itulah kisi-kisi soal TKD CPNS yang bisa anda pelajari dan usahakan belajar dari soal-soal tahun sebelumnya karena biasanya akan muncul kembali pada tes yang akan dilaksanakan pada tahun yang berjalan. Semoga bermanfaat untuk anda dan silahkan dibagikan kalau ingin diinformasikan ke teman-teman di media sosial.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags : -- Dapatkan informasi lowongan terbaru dengan cara follow kami di facebook:

Related : Kisi-kisi Materi Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS

0 komentar:

Posting Komentar