Update Info Lowongan Kerja Terbaru CPNS Kementerian, Provinsi, Kabupaten dan Kota, Bank, BUMN, Perusahaan Swasta, Industri Otomotif, Proyek Konstruksi, Migas, Pertambangan Terbaru 2016 di Seluruh Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Bogor, Tangerang, Bekasi, Semarang, Palembang, Padang, Yogyakarta, Balikpapan, Samarinda, Karawang, Bontang, Kaltim, Jatim, Jawa Barat, Kalimantan dan Luar Negeri

Simulasi Tes CPNS dengan CAT

Advertisement

Simulasi Tes CPNS dengan CAT - Perkembangan teknologi ternyata punya dampak positif pada reformasi birokrasi di negara kita, Indonesia. Hal itu bisa terlihat dari proses rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) terbaru yang diadakan pemerintah dengan menerapkan sistem komputerisasi pada tes yang dilakukan.

Kalau dulu setiap pengadaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu saja tesnya menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) yaitu kertas jawaban yang nantinya diperiksa menggunakan komputer. Maka mulai tahun 2013 yang lalu sudah diterapkan sistem baru yaitu Computer Assisted Test, walaupun itu masih sebagian instansi saja yang menerapkannya.


Karena mulai tahun ini semua instansi yang medapatkan alokasi formasi CPNS 2014 harus mengadakan tes dengan sistem CAT maka perlu diinformasikan kepada seluruh calon peserta tes agar sudah mulai menyiapkan diri dengan mencoba ikut simulasi tes CPNS dengan CAT yang diadakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB). Adapula simulasi CAT dengan aplikasi yang dijual di pasar melalui media online tapi itu sangat tidak memuaskan karena agak berbeda tampilannya dengan yang akan anda hadapi sebenarnya nanti.

Sedikit pencerahan bagi teman-teman pencari kerja bahwa sistem CAT itu yaitu anda akan berhadapan dengan satu unit komputer/laptop pada saat tes. Nah, di dalam komputer itu sudah ada aplikasi tes CPNS yang hampir mirip dengan Game Kuis Milyoner kalau anda pernah memainkannya.

Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan, tinggal pilih jawaban mana yang benar dari empat pilihan jawaban. Yang tadi anda jawab juga bisa dibatalkan tapi karena alokasi waktu yang diberikan sangat terbatas maka pergunakanlah waktu tes seefisien mungkin agar semua soal bisa terjawab dengan benar. Hanya peserta dengan nilai tes tertinggi yang akan diloloskan ke tahap saringan berikutnya atau diluluskan menjadi CPNS.

Karena persaingan untuk menjadi seorang abdi negara melalui jalur rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil semakin ketat saja seiring bertambahnya pengangguran potensial dan produktif di Indonesia maka anda tidak boleh sedikitpun menyepelekan hal ini walaupun terkesan gampang dan terlihat mudah untuk dikerjakan. Perlu diingat bahwa soalnya masih tetap sulit dan beban pikiran akibat waktu yang terus berjalan akan juga bertambah pada saat membaca soalnya.

Intinya tidak usah terlalu khawatir akan kesusahan menjawab, sebaba sebelum dan sesudah ujian nanti akan ada pengarahan dari panitia pelaksana. Mungkin yang paling penting perlu anda perhatikan adalah koneksi internetnya serta kabel yang ada di depan atau samping anda. Jangan sampai tidak sengaja tertarik yang membuat jaringan ke komputer orang lain terputus atau bahkan anda yang mengalami putus koneksi dengan server. Ini bisa fatal sebab akan menghentikan aplikasi di komputer. Kalau hal ini terjadi, maka segera lapor ke panitia di depan, nanti mereka akan membantu anda.

Kalau mau coba aplikasi tes ini boleh beli atau cari tau saja dulu di internet, barangkali ada di website resmi Kemenpan RB. Jika tidak memiliki atau menemukan aplikasinya, belajar saja menyelesaikan soal-soal tes CPNS tahun terdahulu, itu akan lebih baik dari pada pusing memikirkan aplikasi yang sebenranya mudah digunakan asal anda pernah berhubungan dengan komputer dan internet. Mungkin itu saja dulu informasi terdahulu dari simulasi tes CPNS 2014 menggunakan sistem CAT, semoga bisa terbantu sedikit dengan adanya informasi ini dan sukses terus untuk semua teman-teman pencari kerja.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags : -- Dapatkan informasi lowongan terbaru dengan cara follow kami di facebook:

Related : Simulasi Tes CPNS dengan CAT

0 komentar:

Posting Komentar